Wakil Bupati H. Ardani, S.H., M.H., Dukung Penuh Pelaksanaan KKN Ke-62 Universitas Muhammadiyah Palembang di Kabupaten Ogan Ilir

um-palembang.ac.id – Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir melalui Wakil Bupati H. Ardani, S.H., M.H., mendukung penuh dan siap mensukseskan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan Ke-62 Universitas Muhammadiyah Palembang di Kabupaten Ogan Ilir.

Hal tersebut disampaikannya saat menerima Audiensi Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Prof. Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., yang didampingi Wakil Rektor I Prof. Dr. Ir. Kgs. Ahmad Roni, S.T., M.T., Wakil Rektor IV Dr. Suroso PR, S.Ag., M.Pd.I., dan Ketua LPPM Dr. Ir. Gusmiatun, M.P., yang bertempat di Komplek Perkantoran Terpadu Tanjung Senai, Sakatiga, Kec. Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, pada Senin (24/6/2024).

H. Ardani, S.H., M.H., juga menyambut baik pelaksanaan KKN Angkatan Ke-62 Universitas Muhammadiyah Palembang di Kabupaten Ogan Ilir karena akan menyemarakan kegiatan di desa serta dapat membantu program pemerintah utamanya pencegahan stunting, mengingat angkanya cukup tinggi di Kabupaten Ogan Ilir.

Apalagi sebelumnya, KKN sudah terlaksana 4 kali di Kabupaten Ogan Ilir, sehingga Wakil Bupati Ogan Ilir mengharapkan program yang telah berjalan dapat diteruskan lebih maksimal pemanfaatan KKN Universitas Muhammadiyah Palembang dan terus bersinergi dengan Pemerinta Daerah Ogan Ilir.

Mengingat tahun 2022 sebanyak 24% masyarakat Ogan Ilir peringkat 2 dalam angka stunting di Sumatera Selatan, dan tahun 2023 berkurang menjadi 22%. Melalui program KKN Universitas Muhammadiyah Palembang Pemda Ogan Ilir akan menempatkan 5 lokasi khusus menjadi lokasi penurunan angka stunting.

“Pemerintah Daerah harus ikut terlibat dalam program kerja KKN Universitas Muhammadiyah Palembang, dan pelaksanaan KKN di Kabupaten Ogan Ilir tetap berlanjut dimasa mendatang” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., menuturkan bahwa sebanyak 624 Universitas Muhammadiyah Palembang akan melaksanakan KKN di Kecamatan Tanjung Batu, Tanjung Raja, Payaraman, dan Lubuk Keliat dengan 48 desa menjadi lokasi KKN, dengan waktu pelaksanaan 23 Juli – 31 Agustus 2024.

Kemudian 27 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang mengikuti KKN Nasional Muhammadiyah di Solo dan 15 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang mengikuti KKN Penanganan Stunting BKKBN di Kota Prabumulih.

“Program KKN Universitas Muhammadiyah Palembang di Kabupaten Ogan Ilir meliputi mendukung program Pencegahan Stunting, UMKM, Olahraga Seni Budaya, dan Lingkungan Hidup” tuturnya.

Prof. Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., juga menambahkan bahwa Program KKN Universitas Muhammadiyah Palembang di Kabupaten Ogan Ilir tahun 2024 ini akan menggelar sunatan massal di Kecamatan Tanjung Batu dan Lubuk Keliat dengan melibatkan Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang.

Oleh karena itu, Universitas Muhammadiyah Palembang sangat mengharapkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, khususnya Dinas Kesehatan untuk mensukseskan program tersebut, karena pasti akan mendapatkan antusias yang tinggi dari masyarakat.

Editor: Rianza Putra