Gelar Kuliah Umum Ekonomi Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang Hadirkan Islamic Development Bank

um-palembang.ac.id – Universitas Muhammadiyah Palembang menggelar Kuliah Umum Ekonomi Islam dengan menghadirkan Dr. Makhlani, S.E., M.Sc., Islamic Development Bank (IDB) Field Representative for Indonesia, pada Senin (1/7/2024).

Kuliah Umum Ekonomi Islam ini diikuti mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam dan mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palembang.

Bertempat di Aula Gedung KH. Faqih Usman Lantai 7 ini, dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Prof. Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., dan turut dihadiri Ketua BPH Dr. H.M. Idris, S.E., M.Si., Wakil Rektor II Dr. Sri Rahayu, S.E., M.M., Wakil Rektor III Dr. Eko Ariyanto, M.Eng., Chem., Prof. Dr. Fatimah, S.E., M.Si., Dekan dan Wakil Dekan.

Dr. Makhlani, S.E., M.Sc., dalam materinya menyampaikan bahwa sebagai umat islam, akademisi di perguruan tinggi harus berkarya sesuai dengan peradaban Islam berdasarkan tuntunan Nabi Muhammad SAW.

Karena tuntunan Rasullulah mengarahkan umat manusia berfikir, mengambil langkah, dan bekerja sebagai amal. Gunakan organisasi yang terukur dan sesuaikan yang telah dilaksanakan baik dalam hal visi, misi, tujuan, target, dan sistem operasional.

Dr. Makhlani, S.E., M.Sc., juga menjelaskan, bahwa Rosullulah telah memberi contoh dan ajaran dalam membangun peradaban ekonomi Islam yang dimulai dari teladan diri Rosullulah, keluarga, masyarakat, dan lingkungan beliau.

“Tergambar, begitu banyak tugas yang dikerjakan, tetapi Allah SWT tidak menuntut dilaur kemampuan hambanya, tetapi jangan mencari alasan untuk menghindar” jelasnya.

Modal besar yang dimiliki umat Islam di Indonesia dalam membangun ekonomi Islam secara keumatan yakni adanya beragam pandangan kebijakan untuk umat Islam secara keseluruhan dari Muhammadiyah, NU, ICMI, dan tergabungnya Indonesia di Organisasi Konferensi Islam dunia.

Menurutnya kepentingan dan pengaruh yang akan muncul sejalan dengan perubahan berdasarkan kepentingan bersama. Organisasi pemikir ini yang secara sungguh-sungguh akan mencerminkan pemikiran isi Al-Quran dalam menghadapi berbagai masalah umat Islam di Indonesia.

Sehingga diharapkan organisasi-organisasi Islam besar akan selalu terdepan mengambil peran yang lebih besar dalam menguatkan ekonomi Islam secara keseluruhan terutama para ulama dalam menyatukan umat.

Editor: Rianza Putra