Universitas Muhammadiyah Palembang Lepas 28 Mahasiswa Ikuti KKN MAs Tingkat Nasional

um-palembang.ac.id – Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Prof. Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., melepas secara resmi 28 mahasiswa yang akan mengkuti Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah ‘Aisyiyah (KKN MAs) yang digelar secara nasional dengan peserta seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aiysiyah (PTMA) se Indonesia.

28 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang tersebut terdiri dari, 21 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 2 mahasiswa dari Fakultas Teknik, 2 mahasiswa dari Fakultas Agama Islam, dan 3 mahasiswa dari Fakultas Pertanian.

Kegiatan KKN MAs periode Tahun 2024 dengan Tuan Rumah Universitas Muhammadiyah Surakarta Provinsi Jawa Tengah difokuskan pada wilayah Sukoharjo dan Karanganyar yang berlangsung mulai tanggal 01 Agustus – 10 September 2024. Tema yang diusung dalam KKN ini “UMKM Unggul, Stunting Menurun Inovasi, Digitalisasi UMKM melalui Potensi Lokal dan Pemberdayaan Pencegahan Stunting Menuju Indonesia Emas 2045”.

Program KKN MAs merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA) seluruh Indonesia secara bersama-sama. KKN MAs merupakan pengabdian masyarakat mahasiswa PTMA seluruh Indonesia.

Program KKN sendiri merupakan bagian dari kurikulum Pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi agen perubahan yang Tangguh. Melalui program ini, mahasiswa kami akan ditempatkan di berbagai lokasi strategis untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Rangkaian KKN MAs ini dimulai dari Training Of Trainer (ToT), Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah, Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Aisyiyah (KKN MAs), Expo Hasil Program KKN, dan Seminar Hasil Program KKN.

Prof. Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., berharap, agar mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang yang mengikuti kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman dilevel nasional.

“Dengan kegiatan KKN MAs, mahasiswa dapat belajar lapangan yang sesungguhnya karena langsung mengimplementasikan di lingkungan masyarakat dengan berbagai permasalahan yang dihadapi,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Rektor I Prof. Dr. Ir. Kgs. Ahmad Roni, S.T., M.T., Wakil Rektor II Dr. Sri Rahayu, S.E., M.M., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr. Yudha Mahrom DS, S.E., M.Si., Dekan Fakultas Pertanian Dr. Helmi Zuryani, S.Pi., M.Si., dan Ketua LPPM Dr. Ir. Gusmiatun, M.P.

Editor; Rianza Putra