Dokter Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang Berpegang Teguh Pada Nilai Persyarikatan

um-palembang.ac.id – Dalam konteks Kemuhammadiyahan, KH Ahmad Dahlan pernah berpesan untuk senantiasa berpihak kepada kaum dhuafa. Bahkan secara khusus, pendiri Muhammadiyah itu mengajak kita semua belajar secara terus menerus untuk mencapai profesi tertentu, karena tantangan jaman semakin lama semakin keras.

Dan, ketika telah mencapai pada posisi apapun, kembalilah mengabdi pada masyarakat dengan tetap berpegang pada nilai-nilai Muhammadiyah. Lebih lengkap KH Ahmad Dahlan mengatakan: Muhammadiyah ini lain dengan Muhammadiyah yang akan datang. Maka teruslah bersekolah menuntut ilmu pengetahuan di mana saja. Jadilah guru kembali ke Muhammadiyah. Jadilah dokter kembali ke Muhammadiyah. Jadilah Mesteer, insinyur dan lain-lain, dan kembalilah kepada Muhammadiyah.

Hal tersebut disampaikan Wakil Rektor IV Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Suroso PR, S.Ag., M.Pd.I., saat memberikan sambutan dalam acara pelantikan 47 dokter baru Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang angkatan IV tahun akademik 2023/2024. Pelantikan tersebut dilaksanakan di Aula Gedung KH Ahmad Dahlan Lantai 4, pada Rabu (31/7/2024).

Dr. Suroso PR, S.Ag., M.Pd.I., juga mengucapkan selamat kepada para dokter baru, keluarga dan para pimpinan dan dosen Fakultas Kedokteran atas kesuksesannya hingga terlaksananya sumpah dokter ini.

Pengambilan Sumpah Dokter merupakan bentuk pernyataan diri dari lulusan program studi Kedokteran yang telah menyelesaikan dua proses pendidikan yaitu Pendidikan Sarjana Kedokteran dan Pendidikan Profesi.

Menurut Dr. Suroso PR, S.Ag., M.Pd.I., bahwa sumpah juga merupakan suatu syarat mutlak untuk sebuah profesi. Dokter, sebagaimana profesi lain, memerlukan jiwa kesatuan (corporateness). Sumpah itu diucap setelah syarat-syarat keprofesian lannya dipenuhi, yakni syarat keahlian (expertise) yang ditempuh melalui jenjang pendidikan khusus.

Konsekuensi dari keahlian khusus dan ikrar sumpah tersebut pada gilirannya adalah pada tanggung jawab sosial (social responsibility) yang harus dipegang teguh karena dalam salah satu butir sumpah dokter itu ada nilai yang sangat mulia, yakni sumpah untuk menjalankan tugas dengan cara yang berhormat dan bersusila.

Lebih lanjut Dr. Suroso PR, S.Ag., M.Pd.I., menambahkan bahwa tantangan dunia kedokteran saat ini sungguh sangat berat. Berbagai macam penyakit; penyakit menular yang belum tuntas pasca pandemi global.

Hal ini merupakan tantangan bagi dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang selaku pemberi pelayanan kesehatan maupun sebagai ilmuan yang harus bertindak sesuai dengan keilmuannya dan selalu mengembangkan keilmuannya.

“Sebagai dokter baru akan secara langsung berhadapan dengan kondisi ini. Oleh karena itu sebagai lulusan dokter Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang harus mampu berkompetisi dengan sehat dan tetap menjunjung etika moral serta menanamkan sosial yang tinggi untuk membantu masyarakat yang tidak mampu” pungkasnya.

Editor: Rianza Putra