15 Dokter Muda Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang Disumpah dan Angkat Janji

um-palembang.ac.id – Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang menggelar Pengumuman Kelulusan Tahap Akademik dan Angkat Janji Dokter Muda (Sarjana Kedokteran), pada Rabu (28/8/2024). Kegiatan tersebut digelar di Gedung K.H. Ahmad Dahlan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang yang diikuti 15 peserta.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Palembang Prof. Dr. Ir. Kgs. Ahmad Roni, S.T., M.T., Dekan Fakultas Kedokteran dr. Liza Chairani, Sp.A., M.Kes., Direktur Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang dr. Rizal Daulay, Sp.OT., MARS., Direksi berbagai jejaring rumah sakit pendidikan, dan senat fakultas.

dr. Liza Chairani, Sp.A., M.Kes., dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada 15dokter muda yang lulus di tahap akademik, dan selanjutnya dokter muda akan melanjutkan tahap kepaniteraan klinik atau tahap profesi di rumah sakit jejaring pendidikan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang.

Dirinya menekankan bahwa dokter muda harus menjunjung tinggi sumpah yang telah dibacakan. Selalu berkoordinasi dengan dosen pemangku dan Bamkordik yang ada di rumah sakit pendidikan.

Pada tahap kepaniteraan klinik ini, dokter muda Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang akan bertugas pelayanan kesehatan, baik belajar maupun bekerja. Sebanyak 401 berbagai jenis penyakit yang harus dipelajari secara langsung di rumah sakit oleh dokter muda selama 1,5 tahun – 2 tahun.

“Selamat atas capaian ini, semoga semangat tersebut berlanjut di tahap selanjutnya utamanya ditahap profesi dokter yang sangat sulit. Rumah sakit tempat kalian belajar ditahap profesi dokter memiliki standar pelayanan yang tinggi sehingga kalian harus pandai dalam menyesuaikan diri” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Dr. Ir. Kgs. Ahmad Roni, S.T., M.T., menambahkan bahwa hari Pengumuman Kelulusan Tahap Akademik dan Angkat Janji Dokter Muda (Sarjana Kedokteran) ini bukan hanya simbol awal dari perjalanan lulusan Fakultas Kedokteran sebagai dokter muda, tetapi juga sebuah komitmen terhadap profesi mulia yang akan diemban.

Menurutnya menjadi seorang dokter bukan hanya tentang pengetahuan dan keterampilan medis, tetapi juga tentang tanggung jawab moral dan etika. Oleh karena itu, janji diucapkan adalah wujud dari kesadaran akan tanggung jawab besar tersebut, tidak hanya kepada pasien, tetapi juga kepada masyarakat, institusi, dan diri mereka sendiri.

Prof. Dr. Kgs. Ir. Ahmad Roni, S.T., M.T., juga menyampaikan ucapan selamat kepada para mahasiswa yang telah mencapai tahap ini. “Saya percaya, dengan bekal ilmu yang telah kalian dapatkan di fakultas ini, kalian akan mampu menghadapi berbagai tantangan di masa depan, memberikan pelayanan terbaik, dan terus belajar serta beradaptasi dalam dunia kedokteran yang selalu berkembang” pungkasnya.

Editor: Rianza Putra