Taiwan Education Center Indonesia Tawarkan Universitas Muhammadiyah Palembang Beasiswa Studi dan Magang Tahun 2025

um-palembang.ac.id – Universitas Muhammadiyah Palembang menerima kunjungan delegasi Taiwan Education Center Indonesia melalui ajang promosi dan seminar beasiswa studi dan magang di Taiwan di tahun ajaran 2025, di Aula Gedung KH. Faqih Usman Lantai 7 pada Rabu (16/10/2024).

Taiwan Education Center (TEC) Indonesia merupakan organisasi nirlaba yang bermitra dengan Kementrian Pendidikan Taiwan sebagai penyedia informasi studi di Taiwan di bawah naungan Divisi Pendidikan Taipei Economic and Trade Office (TETO) di Indonesia.

Kunjungan Tirta Amerta Effendi, M.Sc., delegasi Taiwan Education Center Indonesia tersebut disambut langsung Wakil Rektor IV Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Suroso PR, S.Ag., M.Pd.I., didampingi Kepala Biro Urusan Internasional Prof. Dr. Erna Yuliawati, M.Sc.

Taiwan Education Center Indonesia merupakan perwakilan resmi Kementerian Pendidikan Taiwan dan Divisi Pendidikan TETO. TEC bertugas untuk memberikan informasi seputar pendidikan serta beasiswa pendidikan untuk pelajar Indonesia yang berminat melanjutkan studi di Taiwan.

Taiwan merupakan salah satu pilihan destinasi terbaik untuk menempuh pendidikan, terutama di Asia. Taiwan memiliki berbagai keunggulan seperti fasilitas akademik dan riset yang setara dengan Amerika Serikat dan Eropa, lalu memiliki biaya hidup yang terjangkau, menyediakan banyak kesempatan beasiswa, memiliki peluang dan lapangan kerja yang luas, serta banyak menyediakan makanan halal.

Selain itu, fasilitas terkait akomodasi untuk para pelajar mancanegara di Taiwan juga lengkap. Mulai dari asrama pelajar, transportasi umum yang cepat, nyaman, dan foreigner friendly, serta rumah ibadah untuk berbagai agama juga tersedia di Taiwan secara lengkap. Dengan memanfaatkan berbagai fasilitas umum tersebut, biaya hidup selama di Taiwan dapat menjadi jauh lebih hemat.

Taiwan juga bukan negara yang asing dari tahun ke tahun untuk para mahasiswa Indonesia. Tercatat bahwa Indonesia menjadi negara dengan mahasiswa asing terbanyak ke 4 di Taiwan pada tahun 2019 dengan total 13.907 mahasiswa.

Tirta Amerta Effendi, M.Sc., menyampaikan bahwa jurusan yang paling banyak diambil oleh mahasiswa Indonesia adalah Teknik, Administrasi dan Bisnis, Bahasa Mandarin, dan Pariwisata. Maka dari itu, tidaklah sulit untuk mencari sesama teman dari Indonesia ketika berkuliah di Taiwan. Selain itu, studi di Taiwan juga memberikan berbagai pengalaman di luar akademik.

“Mulai dari relasi dengan profesor, pendanaan konferensi internasional, mendapat relasi dengan banyak mahasiswa dari berbagai negara, serta cultural exchange” pungkasnya.

Editor: Rianza Putra