Tim Dosen Fakultas Kedokteran UM Palembang Gelar Edukasi Potensi Bunga Rosella dalam Pencegahan Bahaya Bakteri Salmonella Enteritidis di Cangkang Telur

um-palembang.ac.id – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang melakukan kegiatan penyuluhan kepada masyarakat tentang “Edukasi Potensi Bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa L.) dalam Pencegahan Bahaya Bakteri Salmonella enteritidis di Cangkang Telur” di Desa Muara Dua, Kecamatan Semende Darat Laut, Kabupaten Muara Enim pada Minggu (6/10/2024).

Kegiatan PkM ini dilakukan dalam bagian implementasi pendanaan melalui hibah internal Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palembang (LPPM UM Palembang) tahun 2024.

Tim PkM terdiri atas dosen dan mahasiswa, dengan Ketua tim Dr. Trisnawati, S.Si., M.Kes., dan anggota dr. Yesi Astri, Sp.N, M.Kes., serta 1 orang mahasiswa Program Studi Kedokteran Angkatan 2021 atas nama Fania Aulia Kahar.

Ketua tim, Dr. Trisnawati, S.Si., M.Kes., mengungkapkan bahwa tanaman Rosella khususnya bagian bunga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh tim bahwa bunga rosella berpotensi sebagai anti bakteri Salmonella enteritidis yang berasal dari cangkang telur.

Hasil ini merupakan lanjutan dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya dengan menggunakan sampel bunga Rosella dari Desa Muara Dua, Kecamatan Semende Darat Laut, Kabupaten Muara Enim. Hal ini dilakukan karena salah satu kebiasaan masyarakat setempat saat ke kebun dengan menyeduh bunga Rosella sebagai minuman.

Menurut Dr. Trisnawati,S.Si., M.Kes., Bunga Rosella memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk sebagai agen antibakteri yang potensial dalam mencegah penyakit infeksi. Tak hanya itu, Bunga Rosella juga dikenal sebagai antioksidan alami, antihipertensi, dan antidiabetes sehingga berpotensi sebagai herbal medicine. Namun, diperlukan penelitian lanjutan secara komprehensif hingga menjadikannya sebagai produk hilirisasi.

Kegiatan PkM dibuka oleh sambutan dari Bapak Salmin, S.Pd selaku kepala Desa Muara Dua. Dalam sambutannya, beliau sangat mengapresiasi kegiatan PkM yang telah dilakukan. Menurut beliau, kegiatan PkM dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang potensi tanaman Rosella sebagai bahan alam dan berharap kegiatan ini dapat dilakukan kembali di waktu yang akan datang.

Kegiatan PkM dimulai dengan pengisian pre-test oleh peserta untuk melihat seberapa jauh pengetahuan awal masyarakat tentang tanaman Rosella. Setelah itu, dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh ketua tim tentang potensi tanaman Rosella dalam pencegahan bahaya bakteri Salmonella enteritidis di cangkang telur. Para peserta tak hanya mendengarkan dengan serius, tetapi juga terlibat dalam diskusi dan bertanya.

Hal ini menunjukkan tingginya keingintahuan masyarakat tentang tanaman Rosella. Di akhir kegiatan, dilakukan post-test kembali untuk mengetahui seberapa besar manfaat edukasi yang telah diberikan mampu menambah pengetahuan masyarakat tentang tanaman Rosella.

Tim PkM mengucapkan terima kasih kepada Bapak Salmin, S.Pd selaku Kepada Desa beserta seluruh masyarakat Desa Muara Dua, Kecamatan Semende Darat Laut, Kabupaten Muara Enim atas dukungan dan sambutan hangatnya dalam kegiatan PkM ini. Semoga informasi yang diperoleh dapat bermanfaat dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Editor: Rianza Putra