um-palembang.ac.id – Dalam rangka mengimplementasikan MoU, Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Palembang menggelar Kuliah Tamu dengan dosen Dr. Anna Podorova dari Faculty of Education Monash University-Australia, pada Kamis (17/11/2022).
Kuliah Tamu dengan dosen Dr. Anna Podorova dari Faculty of Education Monash University-Australia ini mengangkat topik perkuliahan Academic Writing for an Undergraduate thesis, dengan 75 peserta mahasiswa dan dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang.
Rini Susanti, S.Pd., MA., Peraih Beasiswa Penuh S3 (Ph.D) di Monash Graduate Scholarship (MGS) dan Monash International Tuition Scholarship (MITS) of Australia yang juga Staf Khusus Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Bidang Kerjasama Luar Negeri ini mengatakan bahwa kuliah tamu ini adalah bentuk implementasi kerjasama antara Universitas Muhammadiyah Palembang dan Monash University yang akan terus berlanjut.
Menurutnya kegiatan ini tidak hanya mendukung mata kuliah academic writing tapi juga membuka cakrawala mahasiswa terhadap penulisan skripsi skala internasional yang sangat di butuhkan bagi semua mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Palembang.
Meskipun kegiatan ini dilakukan hanya dalam waktu 2 jam, namun tanggapan mahasiswa sangat positif. Happy Presti mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Palembang menyatakan bahwa dalam waktu dua jam ini, semua aspek penulisan skripsi berhasil di kupas secara tuntas.
Dr. Anna Podorova sendiri bekerja di Faculty of Education Monash University-Australia. Dia memiliki pengalaman mengajar bahasa yang luas dalam berbagai konteks Australia dan luar negeri. Penelitiannya berfokus pada identitas budaya, komunikasi antarbudaya, penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional dan pengembangan kecakapan bahasa Inggris pasca-masuk di perguruan tinggi.
Pekerjaan Dr. Anna Podorova baru-baru ini melibatkan proyek untuk meningkatkan pengalaman penempatan siswa internasional dalam konteks Australia, menciptakan sumber daya pengembangan bahasa akademis yang terintegrasi untuk akademisi di universitas Australia, serta menilai kemampuan literasi dan numerasi mahasiswa.
Editor: Rianza Putra