Pengabdian, Dosen Universitas Muhammadiyah Palembang Gelar Edukasi Pemanfaatan Pemasaran Online

um-palembang.ac.id – Dalam rangka implementasi hibah internal pengabdian pada masyarakat, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palembang menggelar Edukasi Pemanfaatan Pemasaran Online bagi siswa SMK Muhammadiyah 3 Palembang, pada 9 Oktober 2024.

Tim dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palembang ini terdiri dari Nadia Afrilliana, S.E., M.Si., sebagai Ketua Tim, kemudian Mardiana Puspitasari, S.E., M.Si., Muhammad Syahril, S.Kom., M.Kom., dan Syafitri Dwi Putri sebagai anggota.

Dalam paparannya, Nadia Afrilliana, S.E., M.Si., menjelaskan bahwa pemasaran menggunakan pemasaran online baik media sosial maupun website sebagai pemasaran produk menjadi sangat penting bagi perkembangan pemasaran saat ini.

Karena pemasaran lewat online dapat menjangkau pasar yang luas, penghematan biaya pemasaran dan kemudahan dalam melalukan promosi menjadi salah satu manfaat yang dapat dirasakan.

Ada beragam akses untuk para calon konsumen agar dapat melihat penawaran produk seperti Website, Blog, Media sosial (Instagram, Whatsapp, Facebook, dan Line) dalam proses pemasaran online tersebut.

Nadia Afrilliana, S.E., M.Si., juga menuturkan, tujuan diselenggarakan pengabdian masyarakat ini, untuk mengenalkan dan mengedukasi cara pemasaran produk melalui pemanfaatan media pemasaran secara online untuk memperluas pasar dan meningkatkan omset penjualan.

“Sehingga upaya menguatkan pendapatan, pemanfaatan media pemasaran online diharapkan dapat membantu dalam memperkenalkan produk usahanya mereka secara lebih luas dan efektif” tuturnya.

Lebih lanjut, Nadia Afrilliana, S.E., M.Si., menambahkan, kelebihan pemasaran online menggunakan perangkat elektronik/internet dengan beragam taktik marketing dan media digital dengan calon konsumen yang jangkauannya lebih luas, sehingga membuat menjadi lebih dekat interaksi antara penjual dengan konsumennya secara langsung.

“Dengan berbagai macam fitur metode media pemasaran online ini, memiliki daya tarik sehingga membuat banyak masyarakat bergabung dalam memasarkan produknya, diharapkan dapat membantu meningkatkan penjualan produk” pungkasnya.

Editor: Rianza Putra